Kamis, 01 Desember 2011

Manajemen Amarah

Seorang sahabat pernah bercerita kalau dia sangat mengeluhkan hubungannya dengan isterinya. Mulai bangun pagi, jika dia telat bangun maka isterinya langsung pasang muka tidak suka, cemberut hingga berangkat kerja. Sahabat itu bilang: “Saya tiap pagi sarapan kemarahan”.

“Pemarah itu lucu”, lanjut cerita teman itu.

Gimana tidak, ketika seseorang marah ia berusaha menunjuk orang lain yang seharusnya bertanggung jawab. Akan tetapi seperti seseorang yang berdiri di depan cermin, pemarah itu sedang menunjuk dirinya sendiri. Dengan penuh emosi dia menyerang cermin gambarnya sendiri yang jelek dan dianggap buruk. Lucunya pemarah itu tidak tahu bahwa yang diumpat, dicerca adalah dirinya sendiri. Jadi seorang yang sedang marah itu tidak sadar bahwa dia sedang asyik bergulat dengan diri sendiri.

Pemarah kadang-kadang tersadar setelah masuk rumah sakit terkena tekanan darah tinggi, stroke, kanker dan lain-lain.

Menurut sejumlah terapi kepribadian, emosi negatif termasuk amarah harus diekspresikan, namun itu akan sangat membahayakan diri dan orang lain. Konon emosi marah akan hilang jika di pukulkan pada bantal atau mengguyur kepala berulang-ulang dengan air, tapi seperti tanaman yang disirami dan diberi pupuk, emosi negatif (amarah) ternyata semakin membesar dan membakar.

Jalan lain untuk mengobati marah adalah dengan menyadari, mengenali, dan menjadikannya tamu yang terhormat.

Seperti tamu yang datang di rumah kita, jika kita temui dan kita ajak obrol dengan baik dan sopan, maka tamunya menjadi ramah dan sopan juga, akhirnya terjadilah hubungan harmonis yang menjadi cahaya di ruang jiwa, layaknya kabel listrik yang memadukan positif dan negatif menjadi cahaya lampu yang terang berkilau, itulah kebanyakan sahabat pilih yang sudah bosan dengan cara sebelumnya yang menendang bantal, membanting piring dll. Hasilnya amarah menjadi cinta yang berbelas kasih, penyakit menjadi tersembuhkan karena ada hati yang rendah hati, musuh menjadi teman yang sangat menghormati, isteri menjadi tersenyum dan tersenyum.

Pandangan yang semula orang lain yang harusnya bertanggung jawab akhirnya berangsur-angsur bisa disadari dan diambilalih oleh diri sendiri, dan dinyalakan menjadi cahaya kehidupan.

Saat tersadar bahwa amarah adalah emosi yang berbahaya, maka teman saya tidak pernah membalas saat isterinya marah. Dia mulai mengerti bahwa amarah muncul karena dia kekurangan perhatian, cinta dan kurang bahagia. Oleh karena itu dia merangkul amarah isterinya dan menjadikannya tempat untuk berwelas asih. Jadi jika setiap kali bertemu dengan seorang yang sedang marah jadikan momen itu tempat untuk berbelas kasih karena ada yang sedang menderita kekurangan.

Jika sekarang Anda sudah tersadar bahwa marah berarti memarahi diri sendiri, memusuhi diri sendiri, dan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda sedang miskin, sedang menderita, lantas apakah Anda akan marah lagi pada anak buah Anda, apakah Anda akan memarahi Anak anda yang nakal, apakah Anda masih ingin berucap kata-kata kasar dengan segudang nama-nama binatang?....hehehehe....Anda mau menyebut diri Anda sendiri dengan nama-nama binatang....benarkah?...

Jika Anda sampai saat ini masih dikendalikan oleh amarah, berarti Anda sedang memusuhi diri sendiri , entah Anda marah terhadap koruptor, politisi, atau pemerintah, marah terhadap situasi cuaca panas, hujan, terhadap kata-kata orang lain, orang tua Anda, sahabat Anda, atasan Anda, dll....apakah Anda mau menghabiskan seluruh sisa usia Anda untuk terus menyakiti diri Anda sendiri?....

Mudah untuk memeriksanya, coba raba dada sebelah kiri Anda, dengarkan detak jantung Anda, dia akan mengatakan apakah Anda sedang penuh amarah atau sedang tersenyum penuh maaf, jika detaknya normal tenang dan penuh kedamaian maka Anda tidak dipengaruhi amarah, jika detak itu terlalu cepat, keras, cepat-cepatlah memaafkan atas penyebab emosi yang muncul tersebut (baca amarah).

Menarik sekiranya artikel ini kita tutup dengan pernyataan dari Wayne W Dyer yang saya ambil dari statusnya di facebook;

“When you judge another, you do not define them, you define yourself”.

36 komentar:

  1. wah.. jujur kang, saya paling gak bisa kalau nahan amarah, btw Nice Post :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. manajemen amarah:
    merupakan sebuah pelajaran penting yang tidak bisa diperoleh di sekolah-sekolah.

    BalasHapus
  4. ijin nyimak kawan....nice post....

    BalasHapus
  5. kalo marah biasanya yg lagi dilihat kena damprat hihi

    BalasHapus
  6. Keren postinya,,masukan buat kita2 untuk mengendalikan kemarahan..

    BalasHapus
  7. mengendalikan amarah sangat sulit
    belum tentu semua orang bisa mengendalikannya

    BalasHapus
  8. Sharing nya mantap. .

    Mengenai amarah yang sampai sekarang masih suka meledak ledak pada pribadi saya.

    Thank's ya sdh singgah di Jejak lalu.

    Salam.. .

    BalasHapus
  9. Ini nih yang paling susah, nahan amarah. susahnya minta ampun dah.. :)

    BalasHapus
  10. haha saya juga pemarah sih
    trimakasih ya bang admin

    BalasHapus
  11. Nice posting nih, marah emang agak susah utk dikendalikan hehehe tapi aku akan berusaha mengendalikannya ^_^

    BalasHapus
  12. hehe, malu ah.. saya termasuk orang yang moody sob, dan itu berpengaruh besar dengan situasi emosi sya.. agak susah memang untuk dikendalikan, tapi yaa saat ini saya pun sedang belajar memanajemen emosi saya termasuk marah.. :)

    BalasHapus
  13. mantap bangget dah...
    mantap mantap
    ikutan juga ya

    BalasHapus
  14. jangan marah ya...saya gak banyak komentar nih.

    BalasHapus
  15. Saya paling enggak bisa menahan emosi
    tapi cepet reda juga kalo tahu sebabnya

    BalasHapus
  16. Mantap bener....,
    Jadi inget diri sendiri yang emosian...,hehe

    BalasHapus
  17. amarah itu selalu jadi kendala

    BalasHapus
  18. nice posting mas!...
    makasih mas postingannya ngajarin saya untuk belajar memanajemen atau mengendalikan amarah...
    supeeerr sekali, saya suka postingannya...

    salam kenal mas!

    BalasHapus
  19. Wuih, menarik.... Saya sendiri memang berusaha untuk mengendalikan amarah, meski kadang-kadang juga dikendalikan oleh amarah. Nanti nyeselnya setelah kemarahan itu reda.... Semoga ke depan saya semakin kuat untuk mengendalikan amarah sehingga bisa mengubah amarah menjadi hal-hal yg positif....

    BalasHapus
  20. SUPER SEKALI :D

    amarah itu bikin sakit ati :D

    BalasHapus
  21. wow, mantap sekali tulisannya.

    Memang disaat marah, Kita seperti tidak mengambil tanggung jawab atas diri sendiri. :)

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. pas banget ni kang... kebetulan lagi marah saya ni...

    BalasHapus
  24. Amarah yang kebablasan juga bisa memicu penyakit cepat bersarang

    BalasHapus
  25. Ada saatnya memang kapan kita harus marah, kapan juga harus menahan marah.

    BalasHapus
  26. Blog yang sangat bagus gan,,,,,

    kunjungan balik ya gan di Website Falah Mulyana

    happy blogging gan

    BalasHapus
  27. 100% benar...saya tersadar... :)

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Kawan....terima kasih atas kunjungan dan komentar-komentar yang sangat hebat, seperti air laut yang jika di singkap ternyata kumpulan tetesan demi tetesan, demikian juga dengan kata, saat tersusun menjadi penuh makna bahkan memiliki daya pengubah. terima kasih.

    BalasHapus
  30. terima kasih sudah berbagi sobat..
    pengendalian diri atas amarah yang ada dalam diri kita memang menjadi poin penting dalam memanajemen amarah kita..
    subhanallah.. terima kasih sudah mengingatkan
    ditunggu kunjungan baliknya sobat..
    salam persahabatan :)

    BalasHapus
  31. Nice blog........
    Keep posting

    please visit my blog it's
    wallpapers
    related site.
    Peoples can download latest hd wallpapers totally free

    BalasHapus
  32. sip deh, semoga kita bisa menjadi pribadi yang bisa mengelola amarah dengan bijaksana ya...

    BalasHapus

  33. OBAT PEMBESAR PENIS
    ALAMI VIGRX PLUS ASLI
    Cara Pembesar Penis dan Panjang penis tercepat di Dunia.
    VigRX Plus Asli Merupakan Obat Pembesar Penis Alami Bersifat Pemanen, VIGRX PLUS ASLI Mampu Mengatasi Masalah Ukuran Penis Pria Selama Belasan Tahun, Buktikan Sendiri Manfaat Dari Obat Vigrx Plus Dalam Memperbesar Ukuran Penis, Kehebatan Dan Keampuhan Pembesar Penis VigRX Plus sudah sangat terkenal di Dunia. Anda berhak meniikmati Kehidupan Seksualitas Yang Selama Ini Anda Impikan, dapatkan semua itu dengan mengkonsumsi Obat Pembesar Penis no.1 VigRx Asli.
    VIGRX PLUS ASLI , Terus Berinovasi Untuk Memberikan Suplemen Herbal Terbaik Untuk Kinerja Penis Anda Dan Lebih Tahan Lama Di Tempat Tidur. Inilah Saatnya Untuk Menikmati Kehidupan Seksual Yang Luar Biasa. Aspek Paling Penting Dalam Hubungan Adalah Rasa Intim Antara Keduanya. Dalam Waktu Singkat, Anda Akan Melihat Hasil Yang Signifikan Dari Pemakaian Pembesar Penis VigRX Asli Dan Mengubah Fisik Anda Ke Kondisi Prima. Apa Yang Selama Ini Anda Benar-Benar Inginkan! Apa Yang Selama Ini Selalu Anda Dambakan!
    AGEN OBAT 69
    Call Center Hp : 0821 3495 8895
    ( SMS ) 24JAM : 0856 0795 4414
    Pin BlackBerry: 2AC 44 BCA


    http://agenobat69.com/


    - Obat kuat pria
    - VIMAX PILLS ASLI
    - OBAT PEMBESAR PENIS VigRx Plus
    - Vigrx asli
    - Lintah Oil
    - Alat Pembesar Penis
    - Celana Vakoou
    - Obat Pembesar

    BalasHapus